KBMN-29 (20): Sudah Menulis Buku? Ayo Ketahui Strategi Pemasaran Berikut Ini!




Judul                : Sudah Menulis Buku? Ayo Ketahui Strategi Pemasaran Berikut Ini!
Resume ke-       :    20
Gelombang        :    29
Hari/tanggal        :    Rabu/9 Agustus 2023
Tema                :        Pemasaran Buku
Narasumber        :    Agus Subradana, S.E., M.M
Moderator        :    Helwiyah, S.Pf., M.M.


Membuat karya berarti harus siap juga untuk memasarkannya. Pak Agus Subradana, S.E., M.M, seorang pakar marketing dari penerbit Andy Yogyakarta membagikan teknik dan trik dalam pemasaran sebuah karya khususnya buku.

Menurut Pak Andi, strategi pemasaran buku merupakan rencana yang dibuat dalam rangka mempromosikan dan menkomunikasikan buku kepada target audiens. Hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan penjualan dan visibilitas dari buku tersebut. 

Strategi pemasaran di bawah ini sangat cocok untuk para penulisan yang berkeinginan untuk memasarkan bukunya secara mandiri.

Terdapat 5 strategi yang dapat dilakukan, yaitu: 

        Memasarkan buku melalui online 
                A. Buat platform online 
Platform online yang bisa digunakan website pribadi, blog dan sejenisnya. Diantara tujuan pemasaran adalah sebagai berikut.

  •   mengempanyekan informasi produk lebih luas
  •     mendapatkan konsumen baru dan loyalitasnya
  •  menjaga stabilitas penjualan 
  •   meningkatkan penjualan dan keuntungan 
  •   membandingkan dan menonjolkan keunggulan produk 
  •    membentuk citra produk 
                B. Optimalkan website
pastikan website yang anda buat dapat membuat orang tertarik dan memuat berbagai hal tentang buku yang kamu pasarkan, bisa dengan menyertakan deskripsi ataupun quotes atau kutipan dari buku. 

                C. Jual melalui toko online 
Menjual ke toko online akan membuat kamu menarik pelanggan yang lebih besar. 

                D. Gunakan media sosial 
memanfaatkan beberaoa paltform sosail media untuk menarik audiens dan menarik pembaca lebih banyak dan dengan mudah bersosialisasi dengan para pembaca. 

                E. Blogging    
Tulis blog yang berhubungan dengan buku yang telah kamu tulis.

                F. Email marketing
kumpulan alamat email dari pengunjung di website anda dan kirimkan perkembangan mengenai buku anda secara berkala. 

                G. Kolaborasi dan Review
Ajaklah para blogger atau influencer untuk berkolaborasi tentu saja untuk menarik audiens yang relevan dengan buku anda. 

                H. Penawaran khusus
Tawarkan diskon bahkan bundel dengan produk lain atau edisi terbatas. Hal ini menjadi salah satu alasan banyak orang tertarik untuk membeli buku anda. 

                I. Pengiklanan onlie
Mengiklankan buku bisa juga dilakukan secara online dengan membeli google ads, sehingga akan menargetkan demografis yang sesuai dengan audiens. 

                J. Ulasan dan rekomendasi 
Ajak pembaca buku anda melakukan ulasan dan untuk merekomendasikannya kepada teman dan keluarga. Ulasan positive yang diberikan jelas dapat menarik atensi banyak orang untuk membeli buku yang kamu buat. 

                K. Ebook dan audio book 
Selain cetakan fisik cobalah untuk membuat versi enook dan audiobooknya.

                L. Lacak dan evaluasi 
 Menggunakan alat analitik untuk melacak kinerja kampanye pemasaran anda.  
        

         Memasarkan buku  melalui komunitas 


Melalui komunitas tentu saja strategis pemasaran akan lebih efektif karena khalayak komunitas yang terkait akan memiliki kemungkinan lebih besar untuk tertaitk membeli buku. 

Langkah-langkah yang dapat kamu pertimbangkan untuk dilakukan adalah;
                A. Identifikasi komunitas yang relevan 
Cari tahu terlebih dahulu mengenai komunitas yang ditargetkan karena harus memiliki minat dan topik yang sesuai dengan tema buku yang telah kamu tulis. 

                B. Bergabung dan berinteraksi 
Bergabunglah dengan komunitas dan bangun interasksi dengan anggotanya sehingga mendapatkan kepercayaan dan menjadi akrab. 

                C. Berbagi konten berharga
Berbagilah konten berharga yang memuat tentang hal-hal dala mbuku anda dalam berbagai macam bentuk. 

                D. Promosikan buku dengan tepat
Hati-hati dalam mepromosikan buku secara langsung, carilah cara lebih halus dalam mempromosikan bukumu. 

                E. Berpartisipasi dalam diskusi 
Ikutlah berkontribusi terutama saat diskusi yang dilakukan komunitas menyangkut mengenai buku yang telah kamu tuliskan. 

                F. Tawarkan diskon khusus
Berikan diskon khusus untuk para anggota komunitas dan penawaran-penawaran menarik lainnya. 

                G. Bekerja sama dengan pengelola komunitas
Jika memungkinkan kamu bisa berkolaborasi dengan pengelola komunitas untuk mengadakan acara atau konten bersama.

                H. Ulasan dan rekomendasi 
ajak anggota komunitas untuk ikut memberikan ulasan jika mereka telah membaca buku tersbut. 

                I. Acara dan workshop 
Buatlah acara atau workshop unutk membahsa tentang buku yang telah kamu tulis. 

                J. Jaga keterlibatan jangka panjang
Pemasaran melalui komunitas adalah tentang hubungn jangka panjang. 


        Memasarkan buku secara offline

pemasaran dengan cara offline bisa dilakukan dengan penjualann secara tatap muka serta mendistribusikannya ke toko-toko buku. 

Komentar