KBMN-29 (15): Daftar Isi Otomatis untuk Mempermudah Sistematis Penulisan, Kamu Harus Tahu Langkah Berikut Ini!
Judul : Daftar Isi Otomatis untuk Mempermudah Sistematis Penulisan, Kamu Harus Tahu Langkah Berikut Ini!
Resume ke : 15
Gelombang : 29
Hari/tanggal : Jum'at/ 28 Juli 2023
Tema : Langkah Menyusun Buku Secara Sistematis
Narasumber : Yulius Roma Patandean, S.Pd
Moderator : Purbaniasita Kusumaning Sedyo, S.Pd
Mau tahu trik menyusun buku secara sistematis di Ms word?
Yulius Roma Patandean, S.Pd memaparkan trik dalam penyusunan buku selain agar enak dilihat juga untuk mempermudah dalam perombakan atau pengeditan naskah tersebut.
Beberapa aplikasi bisa digunakan untuk membuat naskah buku secara sistematis di antaranya Mandeley dan Zotero.
Meskipun begitu Ms word juga bisa dimanfaatkan dalam pembuatan buku secara sistematis. Tentu saja hal ini akan mempermudah dalam penyusunan tulisan seperti karya ilmiah, skripsi, novel dan karya tulis lainnya.
Berikut ini adalah langkah-langkah sistematis agar mempermudah pembuatan daftar isi suatu buku, yaitu;
Langkah 1: Membuka Ms. word di mana halaman pertama adalah untuk cover dan halaman kedua adalah judul besar dari buku yang ditulis.
Misalnya, pada gambar 1 di bawah ini:
Langkah 2: Lakukan seperti gambar 2 di bawah ini, 1. Block semua bagian pada buku, 2. Klik heading 1
Setelahnya, akan ada pilihan berikut ini maka tinggal klik yang diberi tanda merah.
Daftar isi yang otomatis seperti di atas akan mempermudah dan tidak mempersulit dengan melakukan edit daftar isi secara manual.
Kalau menulis dengan bab yang sangat banyak, lakukan hal ini agar tidak perlu scrolling jauh untuk mencari bab yang ingin diedit.
1. Klik view, 2. Ceklis document map. Hasilnya seperti di bawah ini;
Dengan begitu kamu lebih mudah menemukan bab mana yang akan diedit tanpa harus menggeser hingga halaman paling bawah.
Komentar
Posting Komentar