KBMN-29 (15): Daftar Isi Otomatis untuk Mempermudah Sistematis Penulisan, Kamu Harus Tahu Langkah Berikut Ini!

 



Judul                    : Daftar Isi Otomatis untuk Mempermudah Sistematis Penulisan, Kamu Harus Tahu Langkah Berikut Ini!

Resume ke            : 15

Gelombang            : 29

Hari/tanggal        : Jum'at/ 28 Juli 2023

Tema                    : Langkah Menyusun Buku Secara Sistematis

Narasumber           : Yulius Roma Patandean, S.Pd

Moderator            : Purbaniasita Kusumaning Sedyo, S.Pd



Mau tahu trik menyusun buku secara sistematis di Ms word?

Yulius Roma Patandean, S.Pd memaparkan trik dalam penyusunan buku  selain agar enak dilihat juga untuk mempermudah dalam perombakan atau pengeditan naskah tersebut. 

Beberapa aplikasi bisa digunakan untuk membuat naskah buku secara sistematis di antaranya Mandeley dan Zotero. 

Meskipun begitu Ms word juga bisa dimanfaatkan dalam pembuatan buku secara sistematis. Tentu saja hal ini akan mempermudah dalam penyusunan tulisan seperti karya ilmiah, skripsi, novel dan karya tulis lainnya. 

Berikut ini adalah langkah-langkah sistematis  agar mempermudah pembuatan daftar isi suatu buku, yaitu;

Langkah 1: Membuka Ms. word di mana halaman pertama adalah untuk cover dan halaman kedua adalah judul besar dari buku yang ditulis. 

Misalnya, pada gambar 1 di bawah ini:


Langkah 2: Lakukan seperti gambar 2 di bawah ini, 1. Block semua bagian pada buku, 2. Klik heading 1


Langkah 3: Setelah itu, meletakkan setiap judul pada lembar berbeda dengan memanfaatkan spasi. Lihat gambar 3 berikut;


Langkah 4: Selanjutnya bisa ditambahkan halaman dengan melakukan seperti gambar 4 di bawah ini; 1. Klik insert, 2. Klik page number, 3. Pilih format page number maka akan muncul gambar 4 berikut ini;




Langkah 5: Pada gambar 5 ini, bagian yang ditandai merah boleh diubah sesuai dengan perubahan yang diinginkan. Disini kita akan menggantinya dengan angka romawi. 

Langkah 6: Setelah itu kita kembali pada cara di gambar 4, meski melakukan perubahan pada langkah 3 yang berbeda. 


Langkah 7: Nomor halaman akan muncul seperti gambar di bawah ini dan jangan lupa memberikan ceklis pada tanda berwarna merah agar halaman pertama yaitu cover tidak ditempati oleh nomor halaman. 


Langkah 8: Bab 1 dan seterusnya yang merupakan isi buku haru memiliki halaman yang dimulai dari nomor 1,  sehingga perlu dilakukan cara di bawah ini untuk merubah bentuk halaman. 



Langkah 9: Kita akan mengulang dari langkah 4 - 6 dan mengubah angka romawinya, sehingga pada Bab 1 akan dimulai dari halaman nomor 1. 

Langkah 10: Lakukan seperti gambar di bawah ini, 1. Klik reference, 2. Table of contents, 3. Pilih mana yang mau digunakan. 


Maka akan muncul gambar seperti di bawah ini:





Langkah 11: Jika akan menambah sub-judul pada masing-masing bab bisa ditulis kemudian de edit dengan menggunakan heading 2. 


Setelah itu klik update tabel, seperti gambar di bawah;


Setelahnya, akan ada pilihan berikut ini maka tinggal klik yang diberi tanda merah. 



Maka, daftar isi akan berubah seperti berikut. 





Daftar isi yang otomatis seperti di atas akan mempermudah dan tidak mempersulit dengan melakukan edit daftar isi secara manual. 

Kalau menulis dengan bab yang sangat banyak, lakukan hal ini agar tidak perlu scrolling jauh untuk mencari bab yang ingin diedit. 

1. Klik view, 2. Ceklis document map. Hasilnya seperti di bawah ini;



Dengan begitu kamu lebih mudah menemukan bab mana yang akan diedit tanpa harus menggeser hingga halaman paling bawah. 





Komentar